Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Nama Sekolah              :  SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Mata Pelajaran             :  Memperbaiki Kerusakan Atau Gangguan Peralatan Game Komersial

Kelas/Semester              :  XII AV / Genap

Pertemuan Ke-              :  1

Alokasi Waktu               :  8 x 45 menit

Standar Kompetensi   :  Memperbaiki Kerusakan Atau Gangguan Peralatan Game Komersial

Kompetensi Dasar        :  Mempersiapkan Pekerjaan Perbaikan Peralatan Sistem Game Komersial

Indikator                         :

  1. Pekerjaan perbaikan dilaksanakan berdasarkan hasil troubleshooting sesuai dengan SOP, keselamatan dan kesehatan kerja

I.    Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini, siswa mampu:

Menjelaskan :

  • Teknik Reparasi Pesawat Audio Komersial.
  • Prosedur baku perbaikan Peralatan Sistim Audio.

Mereparasi peralatan :

  • TV Game.
  • Play Station.
  • Game Komersial.

II.   Materi Ajar

Modul E, Play Station, SEGA, Nintendo, TV Monitor, Jobsheet.

III .  Metode Pembelajaran

  • Ceramah (teori).
  • Praktek.

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

A.   Kegiatan Awal

•      Pemberian teori dasar dan fungsi dari masing-masing peralatan pesawat game komersial baik untuk blok audio maupun videonya.

•     Tanya jawab.

B.   Kegiatan Inti

  • Menjelaskan fungsi dari peralatan pesawat game komersial untuk blok audionya.
  • Menjelaskan fungsi dari peralatan pesawat game komersial untuk blok videonya.
  • Menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat sebelum praktek identifikasi peralatan pesawat game komersial.

C.   Kegiatan Akhir

  • Melakukan praktek identifikasi peralatan pesawat game komersial.
  • Melakukan evaluasi tentang peralatan pesawat game komersial dengan baik dan benar.

V.   Sumber/Bahan/Alat

Modul E, Play Station, SEGA, Nintendo, TV Monitor, Jobsheet.

VI. Penilaian

Bentuk tes: Praktik

Soal Evaluasi tertulis :

  1. Jelaskan fungsi dari masing-masing peralatan pesawat game komersial ?
  2. Buatlah kesimpulan dari kegiatan praktek yang telah dilakukan ?

No. Aspek Penilaian Bobot Nilai
1. Mempersiapkan peralatan praktek sesuai kebutuhan

  1. Tepat (3)
  2. Kurang tepat (2)
  3. Tidak tepat (1)
5
2. Mengidentifikasi peralatan pesawat game komersial

  1. Baik (3)
  2. Kurang baik (2)
  3. Tidak baik (1)
5
3. Menjawab pertanyaan hasil kegiatan pembelajaran teori dan praktek

  1. Semua benar (3)
  2. Sebagian besar benar (2)
  3. Sebagian besar salah (1)
5

Keterangan

Skor maksimum 3 (3 x 5) = 45

Nilai perolehan siswa =  Skor perolehan / Skor maksimum x 100

Mengetahui :

Kepala Sekolah                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

Drs. Sutrisno, MM                                                                                                                                          Setyo Harmadi, S.T.

NIP. 19660207 199103 1 010                                                                                                                     NIP.